Sunday, July 25, 2010

Perempuan Berbisik 75: PEREMPUAN adalah CINTA

*by RinnyS*
*** *** ***
PEREMPUAN...

Bukan laki-laki...
Jadi, jangan pernah berusaha jadi laki-laki...

Bukan dewa api...
Jadi, jangan pernah membara berapi-api...

Bukan halilintar...
Jadi, jangan pernah bergemuruh membakar-bakar...

Bukan alas kaki...
Jadi, jangan pernah berdiam jika digagahi...

Bukan obyek seksual...
Jadi, berperanlah selalu sebagai subyek seksual...

Bukan hanya wanita...
Jadi, selain utama wujudkan diri senantiasa terutama...

PEREMPUAN...

Adalah penolong...
Tanpanya banyak yang melolong...

Adalah kekuatan...
Yang menimbang pikir, rasa dan perbuatan...

Adalah keselarasan...
Pemilik air, makanan dan kehidupan...

Adalah jiwa kehidupan...
Dalam nafasnya tersimpan niat nan menawan...

Adalah kristal gelas...
Mengasihi, mengasah, mengasuh, tiada berbatas...

Adalah ruang dan waktu...
Senantiasa semerbak dalam pesona dan mahkota ratu...

Adalah cahaya...
Yang dalam berkas-berkasnya memancar cinta...

Terimakasih Tuhan, KAU jadikan perempuan tonggak dan pondasi kehidupan manusia...
Yang tak lekang oleh apapun, bahkan gempuran isu gender yang tiada habis-habisnya...

Dengan penuh CINTA kasih, kepada seluruh perempuan yang penuh CINTA kasih...
(24Jul10)

___________
RS @ OwnBlog http://perempuan-berbisik.blogspot.com/

Thursday, July 8, 2010

Perempuan Berbisik 74: Indahnya Kepak Flamingo

*by RinnyS*
*** *** ***

Oh hay yay yay... cantik nian kepak Flamingo melalui tubuh-tubuh Xavi, Puyol, Villa, dan lain-lain, bahkan Torres dan Silva yang baru muncul setelah menit ke 80.

Meski Podolski, Klose, Boateng, dan anggota tim Panzer lainnya, tetap berkeringat dan menawan, namun mereka tak kuat menahan sihir tarian Espana yang cantiiiiikkk...

Sudah kusebarkan sebelumnya di beberapa ruang obrol: "hatiku dukung Spanyol, pikiranku dukung German"... Hatiku lebih bergetar, ternyata. Apalagi saat terpuaskan tontonan indah dari balutan seragam merah di lapangan. Match semifinal yang menghibuuurrrrr.

Sebagai sesama komentator sok tahu, terpaksa tak segan kukutip teriakan saudaraku: "skill individu tiap pemain Spanyol teknik tinggi!"

Kembali ke hatiku. Bisiknya bilang: "mereka menari bersama alam... tiada yang ditentang selain mengikuti irama musik alam dengan liuk-liuk tubuh mereka... bahkan jabulani menempel kuat meski ujung sepatu saja yang menyentuh... bahkan vuvuzela yang melebah seolah-olah mengalahkan voodoo"...

Hatiku bilang bisik-bisik: "menarilah senantiasa bersama alam, dalam serahmu pada Sang Empunya...".

Ck ck ck... Flamingo berkepak indah bersama tarian alam... meriangkan hatiku... thank you tim Spanyol...

Deeper in love with soccer, because of my Samba team, and you... Flamingo... (Even not mine :-))

*lagi-lagi ini aku, komentator sok tahu, penonton paling berisik, yang selalu terpesona pada football dance, bahkan ikutan menari di kursi goyang...ha ha ha ha ha...*

___________
RS @ OwnBlog http://perempuan-berbisik.blogspot.com/

Tuesday, July 6, 2010

Perempuan Berbisik 73: Samba Tetap Cantik :-)

*by RinnyS*
*** *** ***

Meski harus pulang sebelum final, tim Brazil tetap saya puji.
Meski tiada Samba kasat mata yang saya tunggu-tunggu selalu, namun soul mereka menari di laga tetap bisa saya rasakan.

Menurut hati saya, ada tarian indah dalam jiwa Kaka, Lucio, Robinho, dan yang lainnya. Meski di paruh waktu kedua menghadapi Netherlands yang tiba-tiba mengubah gaya kembali ke Total Football, tim Samba tetap punya tarian. Lebih gemulai, memang. Seolah-olah mencoba kembali pada gaya asal seperti yang diperbuat lawannya, tapi agak lupa pada hitungan-hitungan step; berapa ke depan berapa ke belakang, step ke berapa berputar, dan seterusnya. Hingga keselarasan teknik dan soul Samba belum cukup waktu untuk mereka capai (saat itu).

Tak apalah. Dunga memang mengubah strategi, tapi tak mampu mengubah jiwa. Sehingga tampaknya ada semacam internal conflict, antara mind dan soul pemain. Strategi Dunga menyasar goal untuk harus menang, menguasai tataran mind, mempermainkan "keinginan" (wanting) mereka begitu kuatnya. Sementara "kebutuhan" (needs) mereka pada keindahan Samba yang menempati ruang soul, sulit dibenamkan dalam-dalam tanpa menuntut pemenuhan. Yang terakhir itu yang tetap dapat saya rasakan. Thanks God, syukurlah masih tersisa jiwanya.

Jadi, bagi saya, tim Samba tetap tim Samba, tetap cantik dan punya jiwa.
Lebih dari cukup mengisi sisi indah tontonan, kecuali bagian yang terlalu gemulai di akhir :-D

*sekadar catatan occasional dari saya: penonton yang berisik, pengamat amatiran (banget), yang amat sok tahu... teriak-teriak dan menari-nari waktu nobar... ha ha ha ha... norbangs (noraks bangets deee...)*

___________

RS @ OwnBlog http://perempuan-berbisik.blogspot.com/

Posts Archive


PEREMPUAN = SRIKANDI ?

Kenapa PEREMPUAN PEJUANG sering disebut SRIKANDI.
APAKAH PEREMPUAN ADALAH SRIKANDI?
Kutelusuri WIKIPEDIA, kutemukan entri SRIKANDI ini

Srikandi (Sanskerta: Śikhaṇḍī) atau Sikandin adalah salah satu putera Raja Drupada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala yang muncul dalam kisah wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Ia merupakan penitisan Dewi Amba yang tewas karena panah Bisma. Dalam kitab Mahabharata ia diceritakan lahir sebagai seorang wanita, namun karena sabda dewata, ia diasuh sebagai seorang pria, atau kadangkala berjenis kelamin netral (waria). Dalam versi pewayangan Jawa terjadi hal yang hampir sama, namun dalam pewayangan jawa ia dikisahkan menikahi Arjuna dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah Mahabharata vrsi India.
Arti nama
Dalam bahasa Sanskerta, Srikandi dieja Śikhaṇḍin, bentuk feminimnya adalah Śikhaṇḍinī. Secara harfiah, kata Śikhandin atau Śikhandini berarti "memiliki rumbai-rumbai" atau "yang memiliki jambul".
Srikandi dalam Mahabharata
Di kehidupan sebelumnya, Srikandi terlahir sebagai wanita bernama Amba, yang ditolak oleh Bisma untuk menikah. Karena merasa terhina dan ingin membalas dendam, Amba berdoa dengan keinginan untuk menjadi penyebab kematian Bisma. Keinginannya terpenuhi sehingga akhirnya Amba bereinkarnasi menjadi Srikandi.
Pada saat lahir, suara dewata menyuruh ayahnya agar mengasuh Srikandi sebagai putera. Maka Srikandi hidup seperti pria, belajar ilmu perang dan kemudian menikah. Pada malam perkawinan, istrinya sendiri menghina dirinya setelah mengetahui hal yang sebenarnya. Setelah memikirkan usaha bunuh diri, ia kabur dari Panchala, namun diselamatkan oleh seorang Yaksa yang kemudian menukar jenis kelaminnya kepada Srikandi. Srikandi pulang sebagai pria dan hidup bahagia bersama istrinya dan memiliki anak pula. Setelah kematiannya, kejantanannya dikembalikan kembali kepada Yaksa.
Perang di Kurukshetra
Saat perang di Kurukshetra, Bisma sadar bahwa Srikandi adalah reinkarnasi Amba, dan karena ia tidak ingin menyerang "seorang wanita", ia menjatuhkan senjatanya. Tahu bahwa Bisma akan bersikap demikian terhadap Srikandi, Arjuna bersembunyi di belakang Srikandi dan menyerang Bisma dengan tembakan panah penghancur. Maka dari itu, hanya dengan bantuan Srikandi, Arjuna dapat memberikan pukulan mematikan kepada Bisma, yang sebenarnya tak terkalahkan sampai akhir. Akhirnya Srikandi dibunuh oleh Aswatama pada hari ke-18 Bharatayuddha.
Srikandi dalam Pewayangan Jawa
Srikandi dikisahkan lahir karena keinginan kedua orangtuanya, yaitu Prabu Drupada dan Dewi Gandawati, menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Kedua kakaknya, Dewi Dropadi dan Drestadyumna, dilahirkan melalui puja semadi. Dropadi dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu menjelma menjadi Drestadyumna.
Dewi Srikandi sangat gemar dalam olah keprajuritan dan mahir dalam mempergunakan senjata panah. Kepandaiannya tersebut didapatnya ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya. Dalam perkawinan tersebut ia tidak memperoleh seorang putera.
Dewi Srikandi menjadi suri tauladan prajurit wanita. Ia bertindak sebagai penanggung jawab keselamatan dan keamanan kesatrian Madukara dengan segala isinya. Dalam perang Bharatayuddha, Dewi Srikandi tampil sebagai senapati perang Pandawa menggantikan Resi Seta, kesatria Wirata yang telah gugur untuk menghadapi Bisma, senapati agung balatentara Korawa. Dengan panah Hrusangkali, Dewi Srikandi dapat menewaskan Bisma, sesuai kutukan Dewi Amba, puteri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura, yang mati terbunuh oleh Bisma.
Dalam akhir riwayat Dewi Srikandi diceriterakan bahwa ia tewas dibunuh Aswatama yang menyelundup masuk ke keraton Hastinapura setelah berakhirnya perang Bharatayuddha.

JADI, APAKAH PEREMPUAN ADALAH SRIKANDI?

*********

PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN
Rinny Soegiyoharto (catatan tak selesai pada april 2006)

Ragam aktivitas ke-Kartini-an sebagai simbol emansipasi kaum perempuan seperti sebuah rutinitas lebih bergaung pada bulan April mendekati hari keduapuluhsatu. Ditandai aneka lomba dan berbagai atribut keperempuanan yang adakalanya malah tampak sekadar wujud lahiriah dan kasat mata. Sebut saja lomba berkebaya, lomba masak, lomba pasang dasi, lomba merias wajah, dan sebagainya.

*** *** *** *** ***

-DRAFT--Wanita. Meski berpadan dengan perempuan, namun kata dasar “empu” pada perempuan terasa lebih nyaman dan membanggakan, oleh sebab itu saya suka menggunakan kata “perempuan”, termasuk dalam menamai blog saya.-
Perempuan, sadar soal pentingnya pendidikan terhadap anak-anak, karena di "dalam" perempuan terdapat beban psikologis memperjuangkan dirinya sendiri, terus-menerus. Utamanya dalam hal pendidikan (sudah diterobos Kartini). Guru TK-SD bahkan SMP kebanyakan perempuan. Bapak-bapak lebih banyak muncul dan berperan pada tingkat pendidikan lanjutan atas (SMA), dimana pendidikan dasar telah ditanamkan lebih dahulu oleh ibu-ibu guru. Mengapa? Sekali lagi karena perempuan secara lahiriah dan kodrati justru memikul tanggung jawab pendidikan itu sendiri yang dimulai pada dirinya sendiri. Maka, bapak-bapak guru lebih kepada transfer of knowledge, ketimbang hal-hal mendasar yang lebih berhubungan dengan pembangunan karakter, penanaman proses belajar dan pengertian-pengertian dasar untuk dan selama manusia menempuh proses pendidikan.- Pendidikan: mencakup attitude/sikap, yakni kognitif, afektif dan perilaku. Pengembangan kepribadian, pembiasaan good character, kesadaran dan tanggung jawab akan masa depan pribadi/diri sendiri yang mempengaruhi masa depan keluarga dan kontribusinya bagi pembangunan bangsa dan negara, dll.- Bukan diskriminasi yang mengarah pada gerakan feminisme.- Perbedaan sesuatu yang dirayakan bersama sebagai unsur2 yg saling bersinergi mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan bersama: orangtua, pendidik, bangsa dan negara.- Berkaitan erat dengan UU Anti-KDRT. Jika perempuan terus ditindas, bahkan di dalam rumah tangganya sendiri, bagaimana mungkin perempuan dapat bertugas/ berkiprah/ bertindak optimal untuk mendidik anak-anak, baik anak sendiri maupun anak-anak didik apabila ia seorang guru? Kendati lagi, waktu terus merambah, persaingan global semakin cepat dan menantang, anak tidak berhenti tumbuh dan berkembang, suatu waktu akan tiba ketika anak mulai lebih banyak mencurahkan porsi proses pendidikannya pada pemenuhan kognitif, belajar ilmu2 tinggi, yg bisa jadi sebagian besar diberikan oleh laki-laki, bapak2 yg menitikberatkan pada perkembangan kognitif.- Perempuan & laki2 lebih kepada pembagian peran, baik dalam pendidikan di dalam rumah tangga, maupun pendidikan secara luas, formal & informal. Karena baik dari segi struktur fisiologis dan psikologis serta kultural dan sejarah di dalam masyarakat kita, telah membentuk sebuah perbedaan laki2 dan perempuan, yang harus kita rayakan bersama-sama membentuk manusia-manusia berkualitas dlm diri anak2 kita sebagai proses pendidikan menuju masa depan cerah mengikuti kecerahan janji bangsa ini. Amin.-

Pendidikan dimulai dari rumah. Peran ibu sebagai objek kelekatan anak yang pertama terhadap proses pendidikan anak tentulah tidak kecil. Sebagai perempuan, tentunya ibu harus tidak hanya memberikan pelajaran, namun pendidikan kasih sayang, penanaman afeksi, unsur penting bagi rasa nyaman dan aman bagi anak, karena merasa dicintai. Bagaimana mungkin ibu dapat menanam benih cinta pada anak apabila dia sendiri mengalami kekerasan dalam rumah tangga.***