Friday, June 3, 2011

VoaF#99 - SERIAL IMPESTA: INTRODUKSI

*by RinnyS*
*** *** ***

Tersebutlah sebuah negeri bernama Impermanentestat. Beragam etnik dengan budayanya yang khas, bermasyarakat di negeri itu. Lima yang cukup besar dalam koloninya, yakni etnik Eleganticortes, Inteligentagress, Educatibenplant, Depeniagressiu, dan Indepiagressiu. Masing-masing memiliki karakter yang menonjol, tercermin dalam perilaku dan cara mereka menjalin relasi antar sesama di Impermanentestat.

Selanjutnya, negeri Impermanentestat lebih mudah bila disebut IMPESTA. Etnik Eleganticortes disebut ELGA, Inteligentagress dengan INTE, Educatibenplant dengan EPLA, Depeniagressiu dengan AGRE, dan Indepiagressiu disebut IGRE.

Impesta memiliki wilayah yang luas, sebagian daratannya berbukit-bukit. Berbatasan dengan samudera, artinya seluruh batas wilayahnya ditandai laut lepas. Atas kesepakatan yang dibuat pada masa lalu, Impesta menguasai duapuluh dua mil laut dari garis pantai sebagai zona eksklusif kelautannya. Negeri ini patuh pada kesepakatan tersebut, tidak pernah ekspansi memperluas batas wilayahnya selama ratusan tahun.

Pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya makhluk luhur, senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Hukum-hukum adat dan tradisi menjadi sumber referensi dalam penyusunan undang-undang. Penyelenggara negeri taat dan konsisten pada skrip kuno dan ajaran sakti leluhur dari berbagai etnik, yang diyakini merupakan catatan intuitif makhluk luhur purba. Negeri ini menanamkan paham bahwa makhluk luhur penghuni Impesta selama berabad-abad tidak pernah berubah. Budayanya berkembang, namun esensi keluhuran makhluk tetap sama. Baik sejak makhluk luhur purba yang menghayati dan terus menurunkan prinsip akal, budi dan spiritual, hingga makhluk luhur yang menyatu sampai kini di Impesta, tidak berubah. Selanjutnya, makhluk luhur lebih mudah disebut humin (human di Impesta)

Elga, adalah koloni yang mengedepankan sopan-santun. Berbudi halus, memiliki perasaan yang peka, berintuisi kuat dan spiritualis. Etnik ini juga kebanyakan berwajah rupawan, dengan postur tubuh indah. Mereka suka berpikir dan membuat pertimbangan-pertimbangan. Karena seringkali mengalah terhadap humin dari etnik lain, kalangan ini jarang menjadi pimpinan tertinggi di berbagai sektor. Mereka lebih terpanggil berperan sebagai konsultan dan melayani seluruh humin, tanpa membeda-bedakan.

Inte dikenal sebagai humin yang cerdas dan bersemangat tinggi. Energi fisik mereka luar biasa dibandingkan humin dari etnik lain. Mereka juga berambisi menjadi pemimpin di setiap kesempatan. Beradu argumentasi merupakan salah satu aktivitas yang sangat mereka nikmati. Inte pada umumnya kuat dalam hal analisis dan menemukan solusi terhadap berbagai permasalahan. Hanya saja emosi mereka seringkali impulsif, sehingga mereka membutuhkan kaum Elga untuk mendampinginya.

Epla adalah humin dengan tipikal kalem. Sangat sopan dan santun dalam perilaku, juga tutur katanya. Mereka senang menjalin hubungan yang hangat dengan siapa saja. Selain secara fisik mereka umumnya rupawan, etnik ini mudah diterima oleh hampir seluruh kalangan karena kesantunan yang indah saat memperlakukan humin lain. Secara spiritual etnik ini dikenal kuat. Mereka seringkali tunduk tak berkutik menghadapi kaum Agre dan Igre, demi menjaga keharmonisan dan rasa damai.

Agre, berbuat baik kepada humin yang dapat menyenangkan hatinya. Mereka gigih memperoleh apa yang diinginkan, termasuk merebut milik humin lain apabila disukai. Sangat mencintai segala yang dimiliki, hingga seringkali kurang logis memperlakukan milik mereka. Kemampuan berpikirnya sedang saja, tapi tidak pernah mau kalah, apalagi mengalah. Perasaannya tersentuh secara sangat subyektif.

Igre tergolong humin yang sama gigihnya dengan Agre. Hanya saja mereka ini lebih mandiri, tidak tergantung pada lingkungan ataupun sesuatu yang dimiliki. Mereka lebih percaya diri daripada Agre, di sisi lain mereka juga yang paling diterima oleh kaum Agre. Dalam hal berpikir tergolong sedang saja, tapi masih bisa menerima kelebihan humin lain.

Kisah kehidupan di negeri Impesta sangat dinamis. Merepresentasikan nilai-nilai yang mungkin paralel dengan kehidupan manusia negeri-negeri di berbagai belahan bumi. Ragam fragmennya dapat kita ikuti dalam Serial Impesta di sini. Asal sabar saja membacanya, termasuk menunggu sang pengkisah menuliskannya.

(*Dikreasi penuh dan segar-orisinil, hanya oleh pemilik blog*).
___________
RS @ OwnBlog http://suara-hati-rinny.blogspot.com/

No comments:

PEREMPUAN = SRIKANDI ?

Kenapa PEREMPUAN PEJUANG sering disebut SRIKANDI.
APAKAH PEREMPUAN ADALAH SRIKANDI?
Kutelusuri WIKIPEDIA, kutemukan entri SRIKANDI ini

Srikandi (Sanskerta: Śikhaṇḍī) atau Sikandin adalah salah satu putera Raja Drupada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala yang muncul dalam kisah wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Ia merupakan penitisan Dewi Amba yang tewas karena panah Bisma. Dalam kitab Mahabharata ia diceritakan lahir sebagai seorang wanita, namun karena sabda dewata, ia diasuh sebagai seorang pria, atau kadangkala berjenis kelamin netral (waria). Dalam versi pewayangan Jawa terjadi hal yang hampir sama, namun dalam pewayangan jawa ia dikisahkan menikahi Arjuna dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah Mahabharata vrsi India.
Arti nama
Dalam bahasa Sanskerta, Srikandi dieja Śikhaṇḍin, bentuk feminimnya adalah Śikhaṇḍinī. Secara harfiah, kata Śikhandin atau Śikhandini berarti "memiliki rumbai-rumbai" atau "yang memiliki jambul".
Srikandi dalam Mahabharata
Di kehidupan sebelumnya, Srikandi terlahir sebagai wanita bernama Amba, yang ditolak oleh Bisma untuk menikah. Karena merasa terhina dan ingin membalas dendam, Amba berdoa dengan keinginan untuk menjadi penyebab kematian Bisma. Keinginannya terpenuhi sehingga akhirnya Amba bereinkarnasi menjadi Srikandi.
Pada saat lahir, suara dewata menyuruh ayahnya agar mengasuh Srikandi sebagai putera. Maka Srikandi hidup seperti pria, belajar ilmu perang dan kemudian menikah. Pada malam perkawinan, istrinya sendiri menghina dirinya setelah mengetahui hal yang sebenarnya. Setelah memikirkan usaha bunuh diri, ia kabur dari Panchala, namun diselamatkan oleh seorang Yaksa yang kemudian menukar jenis kelaminnya kepada Srikandi. Srikandi pulang sebagai pria dan hidup bahagia bersama istrinya dan memiliki anak pula. Setelah kematiannya, kejantanannya dikembalikan kembali kepada Yaksa.
Perang di Kurukshetra
Saat perang di Kurukshetra, Bisma sadar bahwa Srikandi adalah reinkarnasi Amba, dan karena ia tidak ingin menyerang "seorang wanita", ia menjatuhkan senjatanya. Tahu bahwa Bisma akan bersikap demikian terhadap Srikandi, Arjuna bersembunyi di belakang Srikandi dan menyerang Bisma dengan tembakan panah penghancur. Maka dari itu, hanya dengan bantuan Srikandi, Arjuna dapat memberikan pukulan mematikan kepada Bisma, yang sebenarnya tak terkalahkan sampai akhir. Akhirnya Srikandi dibunuh oleh Aswatama pada hari ke-18 Bharatayuddha.
Srikandi dalam Pewayangan Jawa
Srikandi dikisahkan lahir karena keinginan kedua orangtuanya, yaitu Prabu Drupada dan Dewi Gandawati, menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Kedua kakaknya, Dewi Dropadi dan Drestadyumna, dilahirkan melalui puja semadi. Dropadi dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu menjelma menjadi Drestadyumna.
Dewi Srikandi sangat gemar dalam olah keprajuritan dan mahir dalam mempergunakan senjata panah. Kepandaiannya tersebut didapatnya ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya. Dalam perkawinan tersebut ia tidak memperoleh seorang putera.
Dewi Srikandi menjadi suri tauladan prajurit wanita. Ia bertindak sebagai penanggung jawab keselamatan dan keamanan kesatrian Madukara dengan segala isinya. Dalam perang Bharatayuddha, Dewi Srikandi tampil sebagai senapati perang Pandawa menggantikan Resi Seta, kesatria Wirata yang telah gugur untuk menghadapi Bisma, senapati agung balatentara Korawa. Dengan panah Hrusangkali, Dewi Srikandi dapat menewaskan Bisma, sesuai kutukan Dewi Amba, puteri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura, yang mati terbunuh oleh Bisma.
Dalam akhir riwayat Dewi Srikandi diceriterakan bahwa ia tewas dibunuh Aswatama yang menyelundup masuk ke keraton Hastinapura setelah berakhirnya perang Bharatayuddha.

JADI, APAKAH PEREMPUAN ADALAH SRIKANDI?

*********

PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN
Rinny Soegiyoharto (catatan tak selesai pada april 2006)

Ragam aktivitas ke-Kartini-an sebagai simbol emansipasi kaum perempuan seperti sebuah rutinitas lebih bergaung pada bulan April mendekati hari keduapuluhsatu. Ditandai aneka lomba dan berbagai atribut keperempuanan yang adakalanya malah tampak sekadar wujud lahiriah dan kasat mata. Sebut saja lomba berkebaya, lomba masak, lomba pasang dasi, lomba merias wajah, dan sebagainya.

*** *** *** *** ***

-DRAFT--Wanita. Meski berpadan dengan perempuan, namun kata dasar “empu” pada perempuan terasa lebih nyaman dan membanggakan, oleh sebab itu saya suka menggunakan kata “perempuan”, termasuk dalam menamai blog saya.-
Perempuan, sadar soal pentingnya pendidikan terhadap anak-anak, karena di "dalam" perempuan terdapat beban psikologis memperjuangkan dirinya sendiri, terus-menerus. Utamanya dalam hal pendidikan (sudah diterobos Kartini). Guru TK-SD bahkan SMP kebanyakan perempuan. Bapak-bapak lebih banyak muncul dan berperan pada tingkat pendidikan lanjutan atas (SMA), dimana pendidikan dasar telah ditanamkan lebih dahulu oleh ibu-ibu guru. Mengapa? Sekali lagi karena perempuan secara lahiriah dan kodrati justru memikul tanggung jawab pendidikan itu sendiri yang dimulai pada dirinya sendiri. Maka, bapak-bapak guru lebih kepada transfer of knowledge, ketimbang hal-hal mendasar yang lebih berhubungan dengan pembangunan karakter, penanaman proses belajar dan pengertian-pengertian dasar untuk dan selama manusia menempuh proses pendidikan.- Pendidikan: mencakup attitude/sikap, yakni kognitif, afektif dan perilaku. Pengembangan kepribadian, pembiasaan good character, kesadaran dan tanggung jawab akan masa depan pribadi/diri sendiri yang mempengaruhi masa depan keluarga dan kontribusinya bagi pembangunan bangsa dan negara, dll.- Bukan diskriminasi yang mengarah pada gerakan feminisme.- Perbedaan sesuatu yang dirayakan bersama sebagai unsur2 yg saling bersinergi mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan bersama: orangtua, pendidik, bangsa dan negara.- Berkaitan erat dengan UU Anti-KDRT. Jika perempuan terus ditindas, bahkan di dalam rumah tangganya sendiri, bagaimana mungkin perempuan dapat bertugas/ berkiprah/ bertindak optimal untuk mendidik anak-anak, baik anak sendiri maupun anak-anak didik apabila ia seorang guru? Kendati lagi, waktu terus merambah, persaingan global semakin cepat dan menantang, anak tidak berhenti tumbuh dan berkembang, suatu waktu akan tiba ketika anak mulai lebih banyak mencurahkan porsi proses pendidikannya pada pemenuhan kognitif, belajar ilmu2 tinggi, yg bisa jadi sebagian besar diberikan oleh laki-laki, bapak2 yg menitikberatkan pada perkembangan kognitif.- Perempuan & laki2 lebih kepada pembagian peran, baik dalam pendidikan di dalam rumah tangga, maupun pendidikan secara luas, formal & informal. Karena baik dari segi struktur fisiologis dan psikologis serta kultural dan sejarah di dalam masyarakat kita, telah membentuk sebuah perbedaan laki2 dan perempuan, yang harus kita rayakan bersama-sama membentuk manusia-manusia berkualitas dlm diri anak2 kita sebagai proses pendidikan menuju masa depan cerah mengikuti kecerahan janji bangsa ini. Amin.-

Pendidikan dimulai dari rumah. Peran ibu sebagai objek kelekatan anak yang pertama terhadap proses pendidikan anak tentulah tidak kecil. Sebagai perempuan, tentunya ibu harus tidak hanya memberikan pelajaran, namun pendidikan kasih sayang, penanaman afeksi, unsur penting bagi rasa nyaman dan aman bagi anak, karena merasa dicintai. Bagaimana mungkin ibu dapat menanam benih cinta pada anak apabila dia sendiri mengalami kekerasan dalam rumah tangga.***